Kondisi perpustakaan saat ini : suasana saat renovasi ruangan

adam
Kamis, 11 - Oktober - 2012, 16:39:59

klik untuk memperbesarSebagaimana telah disampaikan sebelumnya dalam berita “Tinjauan Lapangan - Tim Revitalisasi Perpustakaan ITB dan Rekanan” (http://www.lib.itb.ac.id/news/?newsID=227) terkait program revitalisasi perpustakaan yang saat ini telah dilaksanakan di UPT Perpustakaan ITB, maka situasi dan kondisi di gedung perpustakaan pusat pun mulai mengalami perubahan.

Program revitalisasi yang melingkupi program renovasi ruangan saat ini telah dimulai dari lantai empat, lantai tiga, dan sisi selatan lantai satu. Renovasi ruangan ini diperkirakan berakhir pada bulan Januari 2013. Selang waktu tiga bulan ini (Oktober, November, Desember 2012) ruangan perpustakaan yang yang masih dapat dimanfaatkan adalah ruangan lantai dua (telah selesai renovasi tahap pertama) dan sebagian ruangan lantai satu sisi utara. Program renovasi untuk lantai satu akan dilakukan secara bertahap, yaitu akan dibagi menjadi beberapa blok yang ditutup untuk pelaksanaan pekerjaan renovasi ruangan.

Terkait dengan kondisi tersebut, saat ini situasi di perpustakaan belum kondusif untuk Sivitas Akademika (SivA) ITB dalam melakukan kegiatan belajar dikarenakan suara gaduh dan bising serta berdebu yang merupakan dampak dari pekerjaaan renovasi yang kini tengah dilakukan. Namun demikian, terlepas dari kondisi tersebut sebagian besar mahasiswa masih antusias memanfaatkan perpustakaan sebagai ruangan belajar mereka. Mahasiswa memanfaatkan ruangan lantai dua dan lantai satu sebagai tempat untuk berdiskusi dan mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Melalui media ini, UPT Perpustakaan ITB ingin mengucapkan apresiasi kepada para mahasiswa yang masih tetap memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat belajar walaupun dengan situasi yang kurang kondusif di tengah kegaduhan dan kebisingan suara pekerjaan renovasi ruangan. “Terima kasih dan tetap semangat belajar di perpustakaan!”. Melalui media ini pula, UPT Perpustakaan ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat dari situasi tersebut.

Selama pekerjaan renovasi ruangan, SivA ITB masih tetap dapat memanfaatkan layanan yang tersedia di perpustakaan. Seluruh buku di lantai tiga dan empat telah dipindahkan ke lantai dua gedung perpustakaan pusat. Buku koleksi ilmu pengetahuan (kode DDC 000-599) terletak di sebelah sisi utara dan koleksi teknik (600-999) terletak di sebelah sisi selatan lantai dua. Buku koleksi Referensi (Kamus dan Ensiklopedi) berlokasi di “Book Wall” atau rak dinding buku, demikian pula halnya dengan Koleksi TPB yang kini dapat diakses langsung oleh mahasiswa bertempat di “Book Wall” sisi selatan. Untuk melakukan aktivitas peminjaman, saat ini masih terpusat di lantai satu belum mengalami perubahan lokasi.

Untuk koleksi periodikal (majalah, Koran, dan jurnal cetak) berlokasi di sisi barat laut lantai dua. Untuk koleksi khusus (Disertasi, tesis, dan dokumentasi ITB) terletak pada sisi yang sama namun mahasiswa harus terlebih dahulu masuk melalui pintu yang berada di sisi barat lantai dua. Demikian pula halnya dengan koleksi digital perpustakaan, sama halnya dengan koleksi cetak masih tetap dapat dilayankan dan diakses oleh mahasiswa. Koleksi digilib (http://digilib.itb.ac.id/) beserta akses E-Journal (http://www.lib.itb.ac.id/?mod=journal) dan E-Book (http://www.lib.itb.ac.id/?mod=ebook) masih tetap dapat digunakan seperti biasanya.

Terkait dengan situasi dan kondisi perpustakaan saat ini, apabila ada saran dan masukan serta pertanyaan dari SivA ITB dapat mengirim email ke info@lib.itb.ac.id. Saran, masukan dan pertanyaan tersebut akan ditindaklanjuti semaksimal mungkin demi kenyamanan bersama.

Demikian dan Salam Perpustakaan!

Trackback

Trackback URI:http://geoph.lib.itb.ac.id/news/trackback/240