Studi Banding Peserta Diklat Pustakawan Tingkat Ahli PNRI 2012

adam
Rabu, 4 - Juli - 2012, 11:09:18

klik untuk memperbesarRabu, 4 Juli 2012, UPT Perpustakaan ITB menerima kunjungan dari Peserta Diklat Pustakawan Tingkat Ahli (Alih Jalur) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Kunjungan yang dimulai pada pukul 08.30 WIB dan berakhir pukul 10.00 WIB dilakukan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia di bidang perpustakaan yang dikoordinir oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, PNRI. Peserta Diklat berpendidikan S1 non perpustakaan dan telah menjabat sebagai Pejabat Fungsional Pustakawan. Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk studi banding pengelolaan perpustakaan, pada khususnya yang telah berjalan di UPT Perpustakaan ITB.

Dalam kesempatan tersebut rombongan peserta disambut oleh Kepala Bidang Layanan Perpustakaan ITB, Bapak Ena Sukmana, S.Sos. yang sekaligus memaparkan mengenai pengelolaan perpustakaan di ITB. Dalam pemaparannya, dijelaskan secara rinci dan komprehensif mengenai pengelolaan UPT Perpustakaan ITB yang didasari dan dikembangkan sesuai dengan standarisasi pengelolaan yang berlaku untuk perpustakaan baik secara Internasional mapun Nasional, beberapa diantaranya terkait dengan ISO, SNI, Undang-Undang yang terkait dengan pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi, termasuk pula Renstra Pengembangan Perpustakaan di lingkup ITB.

Pemaparan tersebut mendapat sambutan yang baik dari peserta yang banyak mengajukan pertanyaan, beberapa peserta bertanya mengenai perpustakaan digital, yaitu mengenai mekanisme pengelolaan pengisian konten digital, sejarah, dan arah perkembangannya ke depan. Peserta yang lain menyoroti mengenai kiat-kiat yang harus dilakukan agar dapat mengembangkan perpustakaan sesuai dengan standarisasi baik yang berlaku secara nasional maupun internasional yang sudah dilakukan di Perpustakaan ITB.

Peserta Diklat selanjutnya melakukan observasi ke setiap Bagian. Beberapa Bagian yang dikunjungi yaitu, Bagian Pengadaan/Pengolahan, Digital Content, Layanan-layanan Perpustakaan (Sirkulasi, Referensi dan Corner-corner). Pada akhirnya, peserta Diklat mengakhiri kunjungan ini dengan melakukan foto bersama di depan Gedung UPT Perpustakaan ITB.

Dokumentasi kegiatan dapat dilihat di Page Perpustakaan ITB http://www.facebook.com/ITBLibrary

Trackback

Trackback URI:http://geoph.lib.itb.ac.id/news/trackback/225