Akses Jurnal Elektronik 2012 : DIRJEN DIKTI KEMENDIKBUD

adam
Jumat, 29 - Juni - 2012, 08:22:33

klik untuk memperbesarKamis, 28 Juni 2012. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menggelar sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan E-Journal Ilmiah DIRJEN DIKTI 2012 bertempat di Ruang Cyberlib UPT Perpustakaan ITB. Tahun ini DIKTI kembali berlangganan e-journal, sehubungan dengan hal tersebut untuk memperluas akses dan pemanfaatan referensi ilmiah jurnal elektronik, maka diselenggarakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan jurnal elektronik.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pukul 08.00-12.00 WIB diikuti kurang lebih sebanyak 67 peserta dan sesi kedua pukul 13.00-17.00 WIB diikuti sebanyak 111 peserta. Para peserta merupakan sivitas akademika dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di wilayah Bandung dan sekitarnya. Para peserta terdiri dari, dosen, mahasiswa pascasarjana yang sedang menyelesaikan karya ilmiah, Pustakawan, dan staf laboratorium komputer.

Pada setiap sesi disampaikan materi yang sama yaitu perwakilan dari masing-masing “vendor” penyedia layanan jurnal elektronik yang dilanggan oleh DIKTI berupa cara mengakses, menelusur, mengunduh, membuat akun, peringatan artikel jurnal yang setopik dan terbaru, sitasi, serta fitur-fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh para peserta dalam memenuhi kebutuhan informasinya.

Dalam pelatihan tersebut, “Database” jurnal elektronik yang diakses oleh para peserta yaitu, (1) ProQuest meliputi bidang ilmu; MIPA / ”Science”, sosial, dan pertanian. “Database” tersebut dapat diakses melalui URL: Search.proquest.com. (2) Cengage, mencakup bidang ilmu; seni, teknik, sosial, humaniora, pendidikan. “Database” tersebut dapat diakses melalui URL: infotrac.galegroup/itweb. (3) EBSCO meliputi bidang ilmu; ekonomi, dan kesehatan. “Database” tersebut dapat diakses melalui URL: search.epnet.com.

Dalam mengakses “database” tersebut, para pengguna nantinya akan terlebih dahulu memasukkan “Username” dan “Password” sebagai “autentifikasi” yang berbeda antar setiap perguruan tinggi. Untuk memperoleh “Username” dan “Password” tersebut, pengguna dari PTN dapat menghubungi perpustakaan masing-masing, sedangkan bagi PTS dapat menghubungi Kopertis di wilayah masing-masing. Bantuan akses dapat pula menghubungi layanan “help desk” melalui e-mail: helpdesk@jasatama.net.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula perwakilan dari AIGroup yang khusus memberikan materi jurnal elektronik yang dilanggan oleh sivitas akademika ITB. Jurnal elektronik tersebut meliputi ScienceDirect, Scopus, dan SpringerLink serta beberapa jurnal elektronik lainnya. Untuk dapat mengakses jurnal elektronik yang dilanggan oleh ITB, sivitas akademika ITB dapat masuk ke URL: http://www.lib.itb.ac.id/?mod=journal. Pada situs tersebut tersedia secara keseluruhan jurnal elektronik yang sudah dilanggan oleh ITB dan dapat diakses penuh oleh sivitas akademika ITB. Apabila mengalami kesulitan dan kendala dapat menghubungi Layanan Pemanduan/Referensi dan atau Layanan Jurnal di UPT Perpustakaan ITB melalui telepon 022-2500089.

Dokumentasi Kegiatan: http://www.facebook.com/ITBLibrary

Trackback

Trackback URI:http://geoph.lib.itb.ac.id/news/trackback/223