Sosialisasi peningkatan konten repositori koleksi digital ITB

adam
Rabu, 16 - Mei - 2012, 15:57:53

klik untuk memperbesarRabu, 9 Mei 2012. UPT Perpustakaan ITB mengadakan kegiatan Sosialisasi peningkatan konten repositori koleksi digital ITB. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 11.30 WIB tersebut dibuka oleh Kepala Perpustakaan ITB, Bapak Drs. Mahmudin S.Ip dan dihadiri oleh Direktur Pendidikan ITB, Ibu Dr.Ir. Mindriany Syafila MS.



Dalam kegiatan tersebut disampaikan lima materi terkait repositori koleksi digital ITB, yaitu Materi I, Pengantar mengenai surat anjuran DIKTI untuk peningkatan konten repositori ITB oleh Ena Sukmana S.Sos.; materi II mengenai penelusuran ejournal untuk SivA ITB oleh Yoka Adam N., S.Sos. ; materi III mengenai pengenalan VPN: akses ejournal dari luar kampus oleh Beni Rio Hermanto ; materi IV mengenai peningkatan konten elib ITB oleh Dikdik Suhendi S.Sos. dan Materi V mengenai Digital Library dan praktikum oleh Vika A. Kovariansi, S.Sos.



Acara dihadiri oleh sekitar 36 orang perwakilan dari program studi yang ada di ITB. Diantara perwakilan yang hadir yaitu dari FI-FMIPA, FTSL, Boscha, FTTM, AS-FMIPA, STEI, KI-FMIPA, STJR, SAPPK-PWK dan AR, SBM, GD-FITB, MA-FMIPA, TI, SF, Oseanografi, FSRD, TK, TA, ITB Jatinangor, DKV-FSRD,LPPM, KL, USDI, SITH, Kria-FSRD. Melalui acara ini, SivA ITB difasilitasi penyimpanan file koleksi digital mereka (baik itu yang bersumber dari artikel jurnal ataupun hasil karya SivA yang telah terbit dan dimuat dalam jurnal-jurnal nasional) ke dalam suatu bentuk sistem penyimpanan yang sudah disediakan oleh perpustakaan. Sistem penyimpanan tersebut yaitu http://e.lib.itb.ac.id.

Elib hanya dapat diakses dari dalam kampus ITB. Untuk akses dari luar kampus ITB, SivA ITB harus mempunyai AI3 dengan menggunakan OpenVPN dalam memanfaatkan fasilitas ini.

Dengan adanya kegiatan ini, para peserta berharap dapat memperdalam materi terutama dalam hal praktek manajemen pengelolaan dokumen untuk dapat mereka terapkan nanti dalam mengisi konten digital dalam fasilitas Elib. Diharapkan pula melalui acara ini, aksesibilitas konten digital dapat lebih efektif pemanfaatannya untuk seluruh SivA ITB.

Trackback

Trackback URI:http://geoph.lib.itb.ac.id/news/trackback/217