National Park Management : Sharing experience from Haleakala National Park, Hawaii

adam
Rabu, 28 - Juli - 2010, 11:27:11

klik untuk memperbesarSenin, 26 Juli 2010, American Corner ITB bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat menyelenggarakan digital video conference mengenai National Parks Management sebagai media pembelajaran bagi peserta mengenai pelestarian lingkungan dan taman nasional. Acara tersebut diselenggarakan di ruang American Corner Perpustakaan Pusat ITB lantai 1 yang dikemas dalam judul acara ?National Parks Management? dengan pembicara Sarah Creachbaum (Superintendent of Haleakala National Park, Hawaii).
Acara yang dimulai pada pukul 14.00 hingga 16.00 WIB tersebut, diikuti oleh U.S. Embassy di Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, IPB, Universitas Pakuan Bogor, Universitas Sumatra Utara di Medan, Universitas Gajah Mada di Yogyakarta dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Di ITB sendiri dihadiri tidak hanya dari Civitas akademika ITB saja, melainkan turut pula hadir peserta dari masyarakat umum, yang meliputi mahasiswa Biologi Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Manajemen Taman Wisata Alam Masigit Kareumbi, Organisasi Pencinta Alam Stampara Cimahi, Fikom Unpad, dan staf pemerintahan dari Dinas Kehutanan dan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat serta jurnalis dari DestinAsia Mag. Keseluruhan peserta berjumlah 23 orang.

Ms. Sarah Creachbaum memberikan presentasi mengenai pelestarian lingkungan dan taman-taman nasional dengan program-program serta proyek yang melibatkan penduduk lokal dan para pelajar yang selama ini dilakukannya di Haleakala National Park, Hawaii. Para peserta tampak tertarik dengan program sukarelawan yang pernah diadakan dan ingin mengetahui lebih detail mengenai manajemen program tersebut. Mereka juga sangat antusias untuk meminta tips pelestarian taman-taman nasional di kampung halaman mereka masing-masing.

Presentasi kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya-jawab, para peserta umumnya tertarik dengan tantangan dan peluang yang terkait dengan cara pelestarian lingkungan dan taman nasional yang dilakukan oleh Sarah Creachbaum selama ini dan mengaitkannya dengan kondisi di Indonesia. Pembicara menanggapi pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mengemukakan pendapatnya dan membahasnya. Kemudian diskusi berakhir dan acara pun ditutup.

(Notulensi Rizki, Editor Adam)

Trackback

Trackback URI:http://geoph.lib.itb.ac.id/news/trackback/202